KOMPUTER DAN BAGIAN-BAGIANNYA
A. KOMPUTER UMUM /ALL GENERAL PURPOSE COMPUTERS
Komputer umum adalah komputer yang dapat melakukan banyak jenis
pekerjaan yang berbeda.
Sebagai mesin yang dapat diprogram, komputer memiliki dua karakteristik
sebagai berikut :
• Merespon terhadap kumpulan perintah tertentu yang dibuat secara baik
• Menjalankan daftar perintah yang diberikan (program)
Komputer memiliki komponen yang dibagi dua bagian besar, yaitu:
• Perangkat Keras (Hardware) : bagian fisik dari komputer
Misalnya : Monitor, CPU, Keyboard, dan lain-lain.
• Perangkat Lunak (Software) : program yang berjalan di komputer
Misalnya : Sistem Operasi, Applikasi dan lain-lain.
Dalam penggunaan istilah CPU orang sering salah kaprah. CPU sesuai
dengan kepanjangannya adalah prosesor tetapi masyarakat umumnya
menggunakan kata CPU untuk menggambarkan System Unit yang
dibungkus Casing berisi CPU, motherboard, dll. Oleh karena itu pengertian
CPU terkadang harus disesuaikan dengan konteks kalimatnya.
Kebutuhan minimun hardware adalah :
• Memory : untuk menyimpan data atau program, paling tidak, sementara.
Contoh : RAM, ROM
• Media Penyimpanan : untuk menyimpan data secara permanen dalam
jumlah besar.
Contoh : Disk drive(Hard Disk, Floppy Disk), Tape Drive
• Peralatan Masukan (Input Device) : peralatan untuk memasukkan data
dan perintah ke dalam komputer.
Contoh : Keyboard, Mouse
• Peralatan Keluaran (Output Device) : peralatan untuk menampilkan atau
menghasilkan keluaran dari komputer.
Contoh : Monitor, Printer
• Prosesor (CPU/Central Processing Unit) : merupakan ‘jantung’ dari
komputer yang memproses semua instruksi.
Contoh : Prosesor Intel, Prosesor AMD
• Papan Induk (Mainboard/Motherboard) : papan sirkuit dimana CPU, Input
dan Output Device terpasang yang mensinkronisasikan semuanya.
Prosesor yang berbeda membutuhkan motherboard yang berbeda pula.
Contoh : Motherboard untuk prosesor Intel berbeda Motherboard untuk
presesor AMD.
• Casing / Power Supply : wadah untuk menyusun semua hardware agar
tertata rapi. Wadah/casing ini dilengkapi dengan power supply sebagai
sumber listrik yang mengubah tegangan AC menjadi DC sesuai kebutuhan
setiap hardware.
Kebutuhan minimal software adalah :
• Sistem Operasi
B. KLASIFIKASI KOMPUTER
Komputer dapat diklasifikasikan berdasarkan ukuran dan konsumsi listrik
(walaupun dapat saling tumpang-tindih), yaitu :
• Komputer Mini/Laptop/Notebook
Komputer jinjing/lipat yang ukurannya kecil, monitor-keyboard-cpu
menyatu, dapat menggunakan batteray sebagai sumber listrik sehingga
dapat dibawa kemana-mana. Termasuk dalam golongan ini adalah Tablet
PC, yaitu notebook dengan layar sentuh / touch screen yang memiliki
sistem operasi yang berbeda dengan komputer biasa karena menggunakan
layar sentuh. Sistem operasi yang umum dipakai adalah Windows XP
Tablet PC Edition. Tersedia juga versi Linux dan Mac.
Gambar Tablet PC HP Compaq
Mirip dengan Notebook, hanya sesuai dengan namanya didesign
lebih kepada pengguna yang mobile dan sering berinternet. Netbook tidak
dilengkapi dengan DVDRom internal dan layarnya lebih kecil 8”-11”.
• Komputer Pribadi/Personal Computer(PC)
Ciri fisik PC ditandai dengan keleluasaannya dalam mengganti
hardware sedangkan dari segi penggunanya adalah masyarakat umum.
Karena bentuknya yang besar dan tergantung oleh listrik maka PC tidak
dapat dengan mudah untuk dipindahkan (tidak mobile).
PC dapat digolongkan lagi dalam dua kelompok, yaitu :
~ PC BuildUp : PC yang dikeluarkan oleh perusahaan komputer tertentu,
misalnya Acer, IBM.
~ PC Rakitan : PC yang dirakit sendiri oleh perseorangan atau toko
komputer.
• Server
Secara fisik mirip dengan PC, hanya casing CPU-nya tetapi memiliki
spesifikasi lebih tinggi (lebih tangguh, lebih cepat, lebih besar
kapasitasnya). Server pada umumnya diproduksi oleh suatu perusahaan
komputer tertentu, misalnya IBM, HP, Dell dan lain-lain, tetapi kadang kala
PC digunakan sebagai server dengan alasan biaya.
• Mainframe
Merupakan kumpulan komputer-komputer yang berfungsi untuk
melakukan banyak pekerjaan secara bersamaan dengan jumlah data yang
sangat besar.
• Supercomputer
Terdiri dari komputer-komputer mutakhir yang berfokus untuk
melakukan perkerjaan tertentu dengan kecepatan yang sangat tinggi.
C. PERALATAN MASUKAN (INPUT DEVICE)
Komputer sebagai alat yang fungsi utamanya adalah memproses data,
haruslah mendapat masukan data atau instruksi melalui perangkat tertentu.
Peralatan input ini ada yang memerlukan bantuan manusia sepenuhnya dan
ada yang hanya membutuhkan sedikit interaksi dengan manusia.
Berikut adalah beberapa contoh peralatan input, yaitu :
~ Keyboard
Keyboard pada mula terhubung dengan system unit lewat port Com,
kemudian diperbarui dengan PS/2 dan yang terbaru menggunakan USB.
Selain koneksi berbentuk kabel, keyboard ada yang terkoneksi dengan
gelombang pendek yang disebut wireless keyboard sehingga tidak
membutuhkan kabel.
~ Mouse
Teknolgi koneksi mouse hampir sama dengan keyboard kecuali
pada mulanya mouse terkoneksi lewat port serial. Teknologi selanjutnya
sama dengan keyboard. Mouse juga dapat dibedakan berdasarkan
teknologi pendeteksi gerakannya menjadi : Mouse dengan track ball dan
Mouse Optic (menggunakan cahaya infra merah).
~ Stylus
Stylus adalah pena yang didesain khusus untuk menulis/menekan
dilayar monitor khusus atau terdapat tipe pena yang terhubung dengan
komputer via kabel dan bisa digunakan untuk menggambar/menulis pada
kertas dan hasilnya tampil di layar monitor.
~ Joystick/Gamepad
Merupakan peralatan input untuk permainan atau simulator.
~ Microphone
Bunyi masuk melalui microphone.
~ Scanner
Berfungsi untuk menyalin gambar/teks yang diletakkan di atasnya.
Hasilnya biasanya berupa gambar di komputer dengan teknologi software
terbaru bila input berupa teks maka scanner dapat mengenalinya sebagai
tulisan yang dapat dipindahkan ke aplikasi pengolah kata, seperti MS
Word.
~ Voice Recognation System
Peralatan yang digunakan untuk memasukan perintah lewat suara
atau biasanya untuk memeriksa kecocokan suara.
~ Sensor
Berupa alat yang memancarkan infra merah, merespon terhadap
benda yang melewatinya/melintasi infra merah. Infra merah juga dipakai
sebagai sensor pada robot.
~ Camera
Menangkap gambar baik berupa foto maupun video sebagai
masukan bagi komputer. Aplikasinya pada webcam (untuk chating atau
telekonverence) atau CCTV (kamera pengintai/pengawas yang dipasang
pada toko, bank, hotel bahkan rumah).
D. PERALATAN KELUARAN (OUTPUT DEVICE)
Peralatan output merupakan kebalikan fungsi dari peralatan input.
Peralatan output berfungsi menterjemahkan data yang diolah untuk dapat
diketahui oleh user.
Berikut adalah beberapa contoh peralatan output, yaitu :
~ Monitor
Monitor adalah keluaran yang paling umum dimana user dapat
melihat tampilan sesuai dengan perintah yang dimasukkan. Monitor hingga
saat ini dibuat dengan dua teknlogi, yaitu CRT dan LCD.
~ Printer
Printer merupakan alat cetak output dari komputer. Printer
dibedakan menjadi tiga berdasarkan cara mencetak, yaitu : Dot matrix,
Inkjet(dan sejenisnya) dan Laser. Koneksi printer ke komputer juga ada
dua, yaitu : paralel (lama) dan USB (baru).
~ Speaker
Dengan speaker, komputer dapat menghasilkan keluaran berupa
bunyi.
~ LCD Proyektor
Menghasilkan tampilan seperti monitor hanya saja dipancarkan ke
layar atau dinding dengan tampilan lebih besar. Biasanya dipakai untuk
presentasi. Teknologi gambar yang digunakan saat ini adalah DLP dan
LCD.
E. KOMPUTER UNTUK TUJUAN KHUSUS / SPECIAL PURPOSE COMPUTER
Selain komputer yang dibuat untuk tujuan/pemakaian umum, ada juga
komputer yang dibuat untuk tujuan tertentu / special purpose computer.
Komputer ini dibuat untuk mengerjakan satu tugas tertentu saja.
Contoh komputer untuk tujuan khusus adalah :
• Deep Blue, komputer yang khusus untuk memainkan catur
• GRAPE-6
• 5E89
0 komentar:
Posting Komentar